Dampak Positif Dan Negatif Dari Bermain Game Setiap Hari

Daftar Isi

Dampak Positif Dan Negatif Dari Bermain Game Setiap Hari

Dampak Positif Dan Negatif Dari Bermain Game Setiap Hari - Bermain game mungkin sudah lumrah di kalangan anak-anak sampai remaja maupun orang dewasa dan hampir semua orang butuh bermain game untuk mengistirahat kan fikiran dari pekerjaan atau pelajaran disekolah, bermain game menjadi salah satu kegiatan yang sering di lakukan banyak orang di selang mengisi waktu kosong. rata rata orang memilih untuk bermain game yaitu untuk mengusir rasa bosan dan mengembalikan mood menjadi lebih baik lagi sehingga semngat melakukan apapun setelah bermain game

Baca juga 7 Aplikasi Edit Video Di Android Gratis Android 2022

Dampak Positif dan Negatif Bermain Game

Ada dua dampak positif dan negatif dalam bermain game dengan masing masing kelebihan dan kekurangan nya untuk itu kalian para penikmatnya diharuskan memperhatikan hal tersebut karena sangat berkaitan dengan fisik kesehatan serta mental, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan di bawah ini.

Dampak Positif Bermain Game

Bermain game memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan dan kecerdasan otak. karena beberapa game harus menggunakan perhitungan matematika, berfikir strategi, dan memecahkan masalah. berikut beberapa dampak positif dari bermain game:

1. Mengurangi Stres

Bermain game dapat mengurangi stres karena dengan bermain game kita mendapat hiburan di kala pusing nya dengan belajar dan pekerjaan karena dengan bermain game otak kita menjadi fresh kembali. sehingga melakukan hal apapun menjadi semngat.

2. Meningkatkan Pengetahuan Bahasa Inggris

Beberapa game mengharus kan kita menggunakan bahasa inggris sehingga kita harus belajar bahasa inggris terlebih dahulu dan mengerti tata cara memainkan game tersebut dan juga kita menambah wawasan berbahasa di dalam game, karena game popular yang di main kan oleh banyak orang kebanyakan berbahasa inggris.

3. Belajar Lebih Ikhlas

Bermain game membuat lebih sabar dan mengevaluasi diri. karena jika kita kalah yang harus kita lakukan hanya bersabar dan bermain lebih baik lagi sehingga melakukan intropeksi diri. dan lebih sabar ketika mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan keinginan. karena menang atau kalah dalam game adalah hal yang sudah biasa.

4. Meningkatnya Sportifitas

Mengapa bermain game dapat meningkatkan sportifitas ? karena bermain game dengan tidak curang membuat game lebih asik/seru. dan jika menang atau kalah dapat membuat erat nya pertemanan. sehingga kita lebih bisa menerima kekalahan jika kalah dalam bermain game.

5. Lebih Cepat Mengambil Keputusan

Di dalam beberapa game kita harus mengambil keputusan dengan cepat karena jika telat beberapa detik saja game akan berakhir dengan kekalahan, hal ini bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari hari untuk mengambil keputusan dan menentukan strategi yang tepat untuk melakukan sesuatu. membuat kinerja otak lebih cepat.

Dampak Negatif Bermain Game

Bermain game juga mempunyai beberapa dampak negatif yang tidak bagus untuk kesehatan jika di lakukan berlebihan, beberapa dampak negatif bermain game :

1. Dapat Membuat Mata Minus

terlalu lama memandang layar smartphone atau komputer dapat menyebab kan terganggunya kesehatan mata, karena jika ber jam jam mantap layar sehingga dapat mengakibatkan mata minus atau plus. biasa nya gejala awal kerusakan mata yaitu mata berair dan perih jika menatap layar smartphone atau komputer.

2. Menyebabkan Malas

Saking atusiasnya bermain game sehingga tidak ingin melakukan hal apapun dan melanjutkan bermain game sampai tuntas, hanya fokus bermain game dan sampai lupa belajar atau bekerja dan melakukan hal yang bermanfaat yang lain.

3. Rusak nya Fokus/Konsentrasi

Seringnya bermain game sehingga melakukan hal apapun seperti belajar menjadi terganggu dan melakukan pekerjaan pun menurun konsentrasinya, karena fikiran tertuju pada game yang terlalu seru dan menyenangkan.

4. Kecanduan Game yang Berlebihan

Kecanduan terhadap game adalahh hal yang paling berbahaya untuk kesehatan, karena menyebabkan tidak ingin melakukan hal apapun kecuali bermain game, sehingga membuat anak tidak ingin belajar atau pun melakukan hal yang bermanfaat lainnya.

5. Lupa Waktu

Bermain game terlalu lama membuat lupa akan segalanya seperti waktu makan, mandi, ibadah dan terganggunya jam tidur, karena terlalu asik bermain game, tentunya sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

6. Kurang nya Sosialisasi Terhadap Lingkungan

Bersosialisasi adalah hal yang di perlukan semua orang, jangan gara-gara asik bermain game sampai tidak bersosialisasi dengan orang lain, karena dengan bersosialisasi kita bisa mendapat banyak teman dan membuat otak fresh.

Kesimpulan

Bermain game lah dengan seperlu nya dan secukupnya, semua orang butuh bermain game untuk menghilangkan stres dan membuat otak menjadi lebih fresh, karena otak tidak bisa di isi dengan pekerjaan terus menerus yang membuat kepala menjadi pusing. bermain game dengan berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh, jadi lakukan lah segala sesuatu dengan seperlunya.

Posting Komentar