Cara Agar HP Tidak Lag Saat Bermain Mobile Legends

cara mengatasi lag pada saat bermain Mobile Legends

Cara Agar HP Tidak Lag Saat Bermain Mobile Legends - Bermain game dengan lancar adalah keinginan semua orang. terutama pada saat bermain aplikasi game mobile legend, terkadang emosi akan naik ketika bermain ranked aplikasi mobile legend terganggu oleh sinyal maupun device/Hp yang kurang memadai untuk bermain game moba. berbagai gangguan membuat bermain game menjadi tidak asik seperti loading screen yang lama, penyelesaian game slow respon, patah patah saat war ranked, sinyal yang kurang bagus, DLL. istilah ini disebut dengan Lag.

Baca juga : Fungsi emblem jungle mobile legend dan penjelasannya

Apa itu Lag ?

Lag adalah keadaan dimana device tidak mampu mengimbangi suatu aplikasi karena ketidak sesuaian spesifikasi aplikasi dengan spesifikasi HP,atau komputer. dampak yang di timbulkan oleh lag yaitu seperti patah-patah, gerakan respon yang lambat, mengalami macet. biasanya lag sering di alami oleh player game pada kasus ini game mobile legend.

Penyebab Lag Saat Bermain Mobile Legend

Ada 2 faktor yang dapat menyebabkan lag pada saat bermain mobile legend yaitu:

  • Spesifikasi HP yang kurang memadai : perlu kalian ketahui minimum spesifikasi HP yang standar di gunakan untuk bermain mobile legend yaitu memiliki OS android 4.1 dan yang lebih baru, RAM minimum 4 GB.
  • Sinyal yang kurang bagus dan lancar : sinyal merupakan hal penting dalam bermain mobile legend karena dampak yang amat berpengaruh terhadap game play mobile legend, sinyal yang bagus untuk bermain mobile legend yaitu 40 ms - 1 ms semakin kecil semakin bagus.

Cara Mengatasi Lag Pada Saat Bermain Mobile Legend

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi lag ketika bermain Mobile Legends, tentunya cara ini bisa di lakukan semua orang, dan pastikan kalian mengikutinya dengan benar, karena ini mencakup semua nya maka mimin akan menjelaskannya dengan detail, lebih jelas nya simak ulasan di bawah ini.

1. Pastikan Sinyal 4G atau Gunakan Wifi

Sinyal

Sinyal merupakan bagian paling penting dalam bermain game mobile legend karena jika sinyal tidak ada game pun tidak bisa di mainkan, jadi untuk menghindari Lag sebelum bermain mobile legends pastikan sinya ponsel yang kalian miliki berada di 4G,5G atau kalian bisa menggunakan jaringan WIFI.

Ada 2 cara mengetahui sinyal kita bagus atau tidak nya yaitu dengan melakukan test sinyal, tees sinyal bisa dilakukan di game mobile legend pada bagian setting dan kalian bisa menggunakan aplikasi Ping Ip yang bisa kalian download di playstore.

2. Mengubah Kualitas Grafik Mobile Legend

cara mengubah grafik Mobile Legends

Grafik pada mobile legend berpengaruh kepada efek dan permainan game dengan kualitas lebih jernih dan visual yang bagus. pada menu grafis kalian bisa memilih rendah, sedang, tinggi, ultra. semakin tinggu grafis maka akan semakin bagus kualitas gambar dan efek pada mobile legend, dan sebaliknya semakin rendah grafis semakin buruk juga kualitas gambar pada game.

Solusi agar tidak lag ketika bermain mobile legends yaitu pada grafis sedang atau rendah saja, tergantung kemampuan spesifikasi ponsel yang kalian miliki.

3. Gunakan Aplikasi Game Launcher atau Game Booster

Game  Booster

Game booster merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja ponsel agar lebih di fokuskan ke game, jadi ketika kalian akan bermain mobile legend pastikan menggunakan game booster terlebih dahulu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti lag atau patah-patah pada saat bermain mobile legends.

Aplikasi game booster sendiri bermacam-macam tetapi pada umumnya kegunaan dan fungsinya sama. hampir semua ponsel keluaran terbaru kini mempunya game launcher atau game booster bawaan tetapi untuk sebagian ponsel yang tidak memiliki aplikasi game booster bawan bisa mendownload nya di play store secara gratis.

4. Jangan Bermain Mobile Legend Pada Saat Ponsel Sedang di Charging 

charging ponsel

Hindarilah bermain game mobile legends saat ponsel sedang di charging karena akan membuat ponsel kalian panas dan jika di paksa bermain game sudah pasti akan lag dan patah-patah. seharusnya ketika ponsel sedang di charging diamkan saja agar proses charging lancar tidak ada hambatan apapun yang mempengaruhi daya isi battery, selain itu jika ponsel dimainkan pada saat charging akan memperpendek umur ponsel, bisa dibilang ponsel akan cepat rusak.

Jadi ketika akan bermain mobile legends pastikan battery ponsel terisi dengan full.

5. Pastikan Tidak ada Aplikasi Lain yang Sedang Berjalan

trik cara hp tidak lag

Sebelum mulai bermain mobile legend perikasa lah kembali ponsel kalian apakah masih terdapat aplikasi yang beroperasi ? jika masih ada silahkan hapus, karena jika bermain mobile legends dan aplikasi lain masih aktif akan membuat ponsel bekerja dengan keras dan tidak kuat menampung karena terlalu banyak aplikasi yang beroperasi hal ini akan berdampak pada patah-patah dan lag saat bermain mobile legends. jadi pastikan kalian telah menghentikan aplikasi yang tidak diperlukan pada saat bermain mobile legends.

6. Update Mobile Legeneds ke Versi Terbaru

update Mobile Legends

Cara main mobile legend agar tidak lag salah satunya adalah update ke versi yang terbaru. biasanya mobile legend akan mengalami update setiap 1 sampai 2 minggu sekali, jangan sampai kalian tertinggl update aplikasi mobile legends karena jika menggunakan mobile legends yang belum di update pasti kalian akan mengalami lag ketika memainkannya.

Untuk update mobile legends memiliki 2 metode yaitu update melalui playstore dan update resource pada loby game mobile legends. pastikan kalian mengupdate dua duanya agar memiliki game mobile legends versi terupdate nya.

7. Relogin atau Restart Game

restart game Mobile Leegends

Jika pada saat bermain mobile legends kalian mengalami patah-patah atau lag segera lakukan relogin atau restart game. fungsi dari relogin yaitu untuk meringankan kinerja mesin ponsel karena sudah banyak cahce yang menumpuk.

Tetapi lebih baik lagi jika istirahatkan hp sebentar untuk menunggu suhu panas hp turun, karena jika di paksa terus untuk bermain game sudah di pastikan hp akan cepat rusak. nah, jika suhu hp sudah turun/tidak terlalu panas maka silahkan lanjut bermain mobile legends.

8. Server Mobile Legends Sedang Down

server Mobile Legends down

Salah satu kemungkinan kalian mengalami lag atau patah-patah pada saat bermain mobile legend yaitu server mobile legends yang sedang mengalami down. jadi ini merupakan kesalah internal pada aplikasi game mobile legends itu sendiri, yang kalian bisa lakukan hanya menunggu sampai server normal kembali.

Kasus server down pada mobile legends sangat jarang terjadi karena pihak moonton selalu memperbarui sistem dan aplikasi mobile legends nya setiap 1 sampai 2 minggu sekali.

9. Aktifkan Jaringan Speed Mode dan Peningkatan Jaringan

cara mengatur speed mode pada mobile legends

Untuk mengaktifkan speed mode silahkan masuk ke pengaturan mobile legend lalu masuk ke menu jaringan lalu aktifkan speed mode dan peningkatan jaringan. cara ini berfungsi untuk menjaga jaringan agar tetap stabil tidak naik turun, kalian juga bisa menggunakan Kuota data sim card dan wifi secara bersamaan bisa dibilang kalian menggunakan 2 jaringan sekaligus di mobile legends.

10. Install Ulang Mobile Legend

hp baru untuk bermain Mobile Legends

Cara selanjutnya yaitu dengan menginstall ulang mobile legend nya. biasanya cara ini dilakukan jika mengalami lag,patah-patah dan stuck pada saat loading screen mobile legend. cara install ulang mobile legends yaitu hapus terlebih dahulu mobile legends yang ada pada ponsel kalian, lalu download dan install kembali mobile legends nya.

Kesimpulan

Demikian Cara agar HP tidak lag saat bermain mobile legends smoga cara di atas membantu kalian dalam mengatasi lag dan patah-patah saat bermain mobile legend. jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar di bawah dan jika penjelasan di atas masih ada yang kurang paham atau sulit di pahami silahkan kontar kami pada kolom contact di bawah,terimakasih.



Tian
Tian Blogging is My Life